Badan Halal Antar Negara di Asia Tenggara Saling Beri Dukungan

Jakarta – Untuk memperkuat diri, badan halal suatu negara biasanya menjalin kerjasama dengan lembaga lain di negara berbeda. Begitu juga dengan industri halal Filipina, yang mendapat dukungan penuh dari Malaysia.

Hal tersebut dikemukanan oleh Zamri Mohammad Kassim, selaku perwakilan dari National Commission on Muslim Filipinos (NCMF). “(Kerjasama) akan berjalan terus untuk mendukung Filipina, khususnya NCMF, dalam memajukan kemajuan dan kapasitasnya dalam mengembangkan industri halal Filipina,” ujar Zamri seperti dimuat dalam Halal Focus (10/02/2013).

Menurut Zamri, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia atau JAKIM sebelumnya telah bekerjasama dengan NCMF dan akan terus membagi informasi dan ilmu yang dimiliki. Apalagi, tambah Zamri, keberadaan produk halal kini sudah semakin dibutuhkan di Filipina, mengingat banyaknya jumlah masyarakat muslim di sana.

Tak hanya Malaysia, namun Indonesia lewat LPPOM MUI juga mendukung penuh keberadaan NCMF. Seperti diberitakan sebelumnya, NCMF pernah mengunjungi kantor LPPOM MUI untuk mengajukan kerjasama dalam proses sertifikasi halal, termasuk mempelajari proses dan standar halal yang sudah lebih dulu ditetapkan LPPOM MUI.

Dalam kunjungan yang dilakukan akhir tahun 2012 lalu, NCMF juga berniat menggabungkan diri dalam World Halal Food Council (WHFC) yang dipimpin oleh LPPOM MUI. NCMF sendiri baru berdiri pada tahun 2010, dan menjadi badan sertifikasi halal resmi di Filipina.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s