Makanan-makanan Pengusir Capek

KOMPAS.com – Lelah yang akibatkan padatnya kesibukan kerja sehari-hari memang sangat menganggu konsentrasi dan perfoma kerja. Tetapi, jangan sekali-kali Anda mengabaikan kondisi ini. Pasalnya, kelelahan dapat menjadi kronis dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

Banyak cara untuk mengusir lelah atau capek dengan cara yang aman. Misalnya, lewat setiap gigitan makan yang Anda makan. Apa saja makanan ajaib itu? Berikut ini adalah 4 (empat) jenis makanan yang dapat membantu mengusir rasa capek:

1. Oatmeal

Oatmeal kini dianggap sebagai makanan super karena kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Untuk alasan tersebut, banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes untuk mengonsumsi oatmeal, terutama karena oatmeal membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal menyediakan magnesium, protein, dan fosfor, tiga nutrisi yang signifikan dan secara langsung mempengaruhi tingkat energi, menjadikannya sebagai makanan ideal untuk memerangi kelelahan. Oatmeal juga merupakan sumber vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi.

2. Yogurt

Teksturnya yang lembut, membuat yogurt dapat dengan cepat di proses oleh tubuh menjadi energi ketimbang makanan padat.
Yogurt mengandung probiotik – bakteri menguntungkan yang membantu mempertahankan ekosistem usus tetap sehat dengan melindungi terhadap patogen dan membantu tubuh menghilangkan bakteri berbahaya.

Penelitian terbaru dari University of Toronto menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gejala kelelahan kronis dengan meningkatkan kadar asam amino triptofan di otak. Triptofan dikenal sebagai prekursor serotonin, suatu neurotransmitter yang membantu menginduksi tidur dan mempromosikan perasaan tenang, membantu memerangi kelelahan baik fisik dan emosional.

3. Bayam

Bayam penuh dengan kandungan nutrisi penting yang berfungsi memerangi kelelahan. Sayuran ini tidak hanya menjadi sumber terbaik dari zat besi, tetapi juga sangat kaya akan magnesium dan kalium.

Besi memainkan peran langsung dan penting dalam memerangi kelelahan. Kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan baik fisik dan mental, serta anemia.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji labu, almond, kacang mete, dan hazelnut adalah semua sumber baik dari magnesium, yang membantu melawan kelelahan otot. Kandungan triptofan banyak ditemukan pada biji wijen, biji bunga matahari, biji labu, kacang mete, kenari, dan almond yang berfungsi dalam melawan kelelahan emosional sehingga membantu meringankan kelelahan fisik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s