City Telan Petaka di Kandang Sunderland

SUNDERLAND, KOMPAS.com – Tragis. Nasib itu yang dialami Manchester City. Terus menekan dan mencetak banyak peluang, mereka justru akhirnya dipaksa kalah 0-1 oleh Sunderland dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (1/1/2012). Parahnya, gol Sunderland tercipta di masa injury time dan berbau offside.Kekalahan ini membuat City juga gagal menjauh dari kejaran Manchester United. Kedua tim Manchester yang terus bersaing ketat itu masih memiliki nilai sama, 45. City hanya unggul selisih gol. Padahal, sbenarnya City berpeluang menjauh, setelah sehari sebelumnya MU kalah dari Blackburn Rovers.
Sunderland mengawali permainan dengan baik. Mereka mampu mengejutkan lini belakang City pada menit ke-3. Lewat skema serangan balik, Nicklas Bendtner mampu lepas dari kawalan pemain City dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Joe Hart. Dalam pertempuran ini, Bendtner harus mengakui ketangguhan Joe Hart yang mempu memblok bola tembakan mantan striker Arsenal tersebut.
Pada menit ke-5, giliran peluang James McClean yang digagalkan oleh Joe Hart. Sepakan McClean dari luar kotak penalti mampu diredam oleh kiper timnas Inggris tersebut.
City mencoba balik mengancam gawang tuan tumah. Namun, pertahanan kokoh yang diterapkan oleh Wes Brown dkk membuat para pemain “The Citizens” tak bisa berbuat banyak. Serangan yang mereka susun selalu dapat dipatahkan oleh pemain belakang Sunderland.
City baru bisa mendapatkan peluang pada menit ke-32. Memanfaatkan bola liar, Edin Dzeko berhasil melepaskan sepakan ke arah gawang Sunderland. Namun, peluang ini gagal berbuah gol setelah bola berhasil diblok oleh Simon Mignolet.
Peluang Samir Nasri juga gagal membuat City unggul. Bola tendangan kaki kanan Nasri memang tak mampu dihalau oleh kiper, tapi masih mampu disapu bersih oleh Craig Gardner.
Pada menit ke-35, Dzeko kembali mengancam. Lagi-lagi ancaman tersebut tak menghasilkan apa-apa setelah bola sepakan kaki kanannya hanya membentur mistar gawang. Hingga babak pertama, baik Sunderland maupun City gagal menembus gawang lawannya.
Melihat lini depannya kurang greget di babak pertama, Manajer City, Roberto Mancini memasukkan dua tenaga baru di babak kedua. Sergio Aguero masuk menggantikan Nigel De Jong dan David Silva menggantikan peran Samir Nasri.
Hasilnya, lini depan City terlihat lebih hidup. Bahkan, pada menit ke-58, Aguero hampir saja membuat City unggul. Sayang, sepakannya masih mampu dimentahkan oleh Mignolet.
Sunderland membalas pada menit ke-65. Umpan tandukan Bendtner mampu dikuasai oleh Stephane Sessegnon yang kemudian mengelabuhi Vincent Kompany dan melepaskan bola dengan sepakan kaki kanannya. Peluang kembali gagal dimanfaatkan setelah bola hanya melenceng tipis ke sisi kiri tiang gawang Sunderland.
City tetap memegang kendali permainan. Namun, lagi-lagi pertahanan kokoh tuan rumah membuat para pemain City terlihat frustrasi. Beberapa peluang yang didapat “The Citizens” harus berakhir sia-sia karena terburu-buru dalam mengeksekusi kesempatan.
City mendapat peluang emas pada menit ke-89, namun tetap gagal berbuah gol. Sepakan bola David Silva berhasil dimentahkan oleh Mignolet. Micah Richards yang coba memanfaatkan bola muntah juga harus menelan kekecewaan, karena bola sundulannya hanya membentur mistar gawang.
Di saat pertandingan hampir berakhir, Sunderland melancarkan serangan balik yang cukup mengejutkan. Pemain pengganti, Dong Won Ji yang beroperasi di sisi kanan pertahanan City, membawa bola sampai dekat kotak penalti. Dia kemudian memberikannya kepada Sessegnon. Won Ji kemudian melakukan penetrasi dan Sesegnon langsung memberinya bola. Won Ji berhasil menguasai bola, dan mengelabuhi Joe Hart, hingga dengan mudah melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong.Won Ji memang sedikit berada di posisi offside, namun wasit tak melihatnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s